• Feed RSS

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak dan inilah 10 kegiatan yang bisa merusak kerja otak kita

1. Tidak mau sarapan
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

2. Kebanyakan makan
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. MEROKOK
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

5. Polusi udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikirankita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

9. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. Jarang bicara
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

kask.us/6236677

Baca selengkapnya »
0

pernahkah terlintas di pikiran dari mana asal bau khas yang tercium waktu hujan turun ??, atau biasanya juga muncul sebelum hujan turun ??

Nah buat yang belum tau, begini penjelasannya, Hujan yang turun membasahi tanah dan pepohonan selalu menyisakan bebauan khas yang menyegarkan.

Ada banyak teori yang menjelaskan asal muasal bebauan tersebut, salah satunya dari senyawa yang dilepaskan oleh tanah dan batu-batuan yakni petrichor.

Senyawa ini pertama kali diungkap oleh 2 peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), IJ Bear dan RG Thomas. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam laporan berjudul "Genesis of Petrichor" dan dimuat oleh jurnal Nature pada tahun 1965.

Dikutip dari The Naked Science, petrichor berasal dari 2 kata dalam bahasa Yunani, yakni petros yang berarti batu dan ichor yang berarti air. Dalam mitologi Yunani, petrichor merupakan cairan halus yang mengalir di dalam nadi para dewa. Para peneliti meyakini, senyawa yang memiliki nama kimiawi 2-decanone ini dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan pada musim kering lalu diserap oleh tanah dan bebatuan.

Oleh bebatuan, senyawa itu dilepaskan kembali ketika kelembaban udara mengalami perubahan drastis misalnya menjelang dan sesudah hujan turun.
Hingga kini, teori yang dikembangkan oleh ilmuwan CSIRO ini dinilai paling dapat menjelaskan fenomena bau khas yang tercium sebelum dan sesudah hujan.

Ada juga teori lain yang mengatakan, bau khas saat hujan disebabkan oleh spora yang dihasilkan oleh bakteri bernama actinomycetes. Bakteri ini biasanya hidup di tanah basah, namun mudah mati ketika tanah itu kering atau kehilangan kelembaban. Sebelum mati, bakteri tersebut meninggalkan telur-telur dalam bentuk spora yang memiliki daya tahan jauh lebih kuat. Dalam kondisi tanah kering, spora itu mengalami hibernasi sehingga bisa hidup hingga bertahun-tahun.

Ketika hujan turun membasahi tanah, spora-spora itu hidup kembali dan beberapa di antaranya melepaskan diri dari tanah dan terhirup oleh manusia. Bau hujan yang khas itu sebenarnya merupakan spora yang terhirup oleh manusia.

Teori ini dikuatkan dengan hasil eksperimen, yang membutikan bahwa pembiakan spora actinomycetes di laboratorium dapat menghasilkan bau mirip hujan. Namun teori ini tidak menjelaskan bau serupa yang kadang-kadang sudah muncul sesaat sebelum hujan turun.

Baca selengkapnya »
2

101 Gaya Hidup ABG Tahun 90an :::


1. tiap sore pasti maen bareng anak anak se RT, coba klo sekarang boro boro maen bareng kenal aja kagak
2. tontonan nya telenovela PAULA PAULINA , AMIGOS , little missy , Rosalinda
3.kalo diajakin pergi sama keluarga pasti gak mau padahal mau nonton bokep sama temen-temennya......
4. beli pistol2an yang pelurunya dari plastik (bentuknya bulet kaya pelor sepeda), dipake buat perang2an ato iseng2 tembak orang yg lagi jalan
5. Motong rambut ala Andy Lau n Jimmi Lin (Belah Dua nya ga nahan…)
6. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (idol jaman 90an)
7. Yg kurang suka Andy Lau, bisa minta ala Jambul Tin Tin
8. Maen DingDong
9. Game fav pas istirahat : Game Watch (baca : GIMBOT) yg diiket pake aki yg maennya sambil jongkok, truz kalo dah abis si mangnya bilang… “Mang nya mau pulang”
10. Ngoleksi Kartu Basket (Michael Jordan paling dcari jaman itu,,hehehehe)
11. Ngoleksi Kartu Dragon Ball (ada yg hologram, ada yg Double)
12. Yg cewek ngoleksi dan tuker2 an stiker luthu-luthu (aku ikutan lho……)
13. Yg cewek juga maen BP, itu lho org2an(banyaknya sih gambar cewe) dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di emang2.Aku juga maen deng…
14. Maen TAMIYA. sampe ikut pertandingannya juga… walopun ngerakitnya ga bisa-bisa…
15. Ngemil ANAK MAS COKLAT SUPERMAN, COKI-COKI…
16. Beli COKLAT AYAM (kalo ga salah harganya 50 perak jaman itu)
17. Makan permen karet YOSAN, skalian ngumpulin huruf2nya Y- O – S – A – N (tp yg “N” susyeee bner dapetnya..lupa diproduksi kaliiie yeee)
18. Makan JAGOAN NEON biar lidahnya berubah warna…
19. Beli sablonan ADIDAS buat di sablon di tas,clana, dll
20. Ga pernah ngelewatin SI DOEL ANAK SEKOLAHAN (Sekarang dh jadi si Doel wakil bupati)
21. Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki,Gara-Gara, pake kacamata 3 Dimensi (bela-belain buat beli kacamata 3Dnya)
22. Setelah era alien berlalu gantian Pake baju ala POINT BREAK
23. Bangga make tas tipis merk ALPINA
24. Beli GULALI yg bisa dibentuk macem2, yg warnanya ijo ama merah (paling seneng beli yg bisa di tiup..sambil makan sambil priiiiit)
25. Nonton KOTARO MINAMI jadi Ksatria Baja Hitam dan DORAEMON (sampe sekarang belum tamat-tamat)
26. Berharap di Indonesia ada acara kaya TV Champion dan Takeshi Castle
27. Penggemar setia AIRWOLF, KNIGHT RIDER, dan the legend MACGYVER
28. Nonton film dewasa BEVERLY HILLS, MELROSE PLACE n FRIENDS (sekarang dah season berapa yah !)
29. Anak-anak pada suka corat-coret tembok ma papan tulis pake tulisan macem-macem : SLANK dan DEWA 19
30. Nyolongin resleting YKK atau ALPINA buat jadiin gelang or kalung
31. Beli Tas Pinggang (wakakak, skarang kaya tukang kredit ajeee,,)
32. Belum ada HP?? PAGER lagi ngeHITS !
33. Ctak Ctuk pake TUTUP GATORADE
34. Kriminal kelas teri, Ga mau rugi nelpon? Pake aja KOIN GANTUNG (ini yang bikin TELKOM bangkrut)
35. Beralih ke SKA atau BRITPOP
36. Mantengin KUIS RAHASIA KELUARGA bareng Izur Muhtar
37. Nonton TAK TIK BOOM ama Pak Dede Yusup, APA INI APA ITU bareng Jefri Woworuntu, PIRAMIDA ma Roni Sianturi, KATA BERKAIT bareng Nico Siahaan…
38. Berusaha keras nelp biar bisa ikutan kuis JARI-JARI (baca: jareee jareeeeee)
39. Mau bisa bhs Inggris?gampang, ada SESAME STREET
40. Nonton berita di TV tentang KERUSUHAN MEI
41. Ngumpulin TAZOS dari yang Loney Toons ampe Pokemon dari Chiki, dkk (Aku masih ada loh koleksinya…)
42. ayo sukseskan GN-OTA (tau donk kepanjangannya)
43. Sedih, gara2 TIMOR TIMUR lepas dari RI
44. Melihara binatang/Bayi ala TAMAGOTCHI (ampe ada yang nangis pas tamagotchi-nya mati)
45. Maen MARIO BROS MORTAL KOMBAT , STREET FIGHTER, KONTRA di NINTENDO & SEGA
46. Make NECKERMAN or CARVILL
47. Deg2an nonton SUSI SUSANTI, ALAN BUDIKUSUMA,HARIYANTO “smash 100watt” ARBI, dan RICKY-REXI
48. Ngikutin pilem SI MANIS JEMBATAN ANCOL (si manis,suit suit, seksi bner kamu)
49. RIA ENES-SUSAN lg sering nongol di tivi
50. Di saingi oleh duet BONDAN PRAKOSO-ENNO LERIAN (si Lumba-lumba, makan dulu……..) Dan sederetan artis cilik lainnya… Maisy, Chikita Meidi, Cindi Cenora, Trio Kwek-Kwek, Agnes Monica.
51. Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD 21,TERSANJUNG, BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERkimpoiAN, (inilah cikal bakal penghancur bangsa,,hqhqhqhq…)
52. AMKM (anda meminta kami memutar) di TPI lg hot2nya (duuuh, jeng rina gunawan, masyii kuruuuus bgt looow)
53. Ga bisa kluar rumah? Gampaaaaaang, belanja aja lewat TV MEDIA (masi inget smart-mob, pisau GINSU,ABDOMINIZER, AURY??? Cuma 999.999 !!!! ) wakakakakaak
54. Make jam G-SHOCK (walaupun abal2 yg penting G-SHOCK)
55. Ngikutin WILD ROSE (Rosaaaa…..) ..wakakakakak, telenopela pertamaaaa tuuuh… diikuti oleh Marimar dll
56. Make Rautan Kaca di sepatu buat ngintip (bibit cabul mulai keliatan..)
57. Serial Jepang RINDU-RINDU AISAWA (yang lagunya Tetes air mata mengalir sedih…. Aku pun menangis dalam bayang sepi… ) Keren n mengharukan bangetz…
58. Jam 7 malem dan Jam 9 malem mesti nonton DUNIA DALAM BERITA
59. Jokes uang GOPEK versi gambar MONYET (Asalamualaikum… Iwannya ada??…ooow, ada di belakang, kamu ke blakang aja…!)..basii bgt tuh jokeeee,,tp okelah jaman itu..
60. Telat ngaji gara-gara nonton LEGENDA ULAR PUTIH truz kisah cinta YOKO DAN BIBI LUNG…
61. Mesti ngapalin RPUL – RPAL – BUKU PINTAR
62. Kalo 80an punya speda bmx, 90an punya FEDERAL..canggiiih.. Perjuangan Belajar Sepedah yang Jatuh Bangun…
63. Make kalimat “E GE PE” (emang gue pikirin…!! ….yaa ga usa dipikirin)
64. Sering ngomong “AU AAAH, ELAAAAP”..( hahaha,memang jaman kegelapan tuh 90an)
65. Dapet salam dari EKO…(eko siapa??)..EEEE, KOOK LOYOOO!!!!.. .(hahahahaha)
66. Ngikutin kata-kata iklan “SAYA MAU YANG PALIING ENAAAAK”
67. Iklan juga ” AAAAHH, TEORRRRIII”
68. Godain mbak2 penjaga tol dengan ngomong “XON-C nya MANAAAA????”
69. Maen “DONAL BEBEK, MAJU TIGA LANGKAH, MUNDUR 3 LANGKAH” (lupa-lupa-inget terusannya..)
70. Ngata-ngatain temen dengan nama BAPAKnya..(kalo uda parah, nama ibu juga ikutan…wakakaka, ga jelaaas bgt)
71. Sering ngomong “DI, DI, YUK MAEN BOLA LAGI”..
72. Maen GIMBOT yg bisa ngomong “BEGO LO!… OKE JUGA LO” TETRIS JUGA EKTRIS…EKSIS maksudnya…
73. Maen TANK BAJA (kedua tangan kita digabung ama tangan temen kta, trus disilangin.. misiii, tank mau lewaaaat)
74. Bulan Puasa Ngisi TTS…
75. Si KOMO bikin macet jakarta (lebih dulu daripada busway tuh)
76. COBOY, COOL COLOR, ME lg naek daooon
77. Ngerap bareng IWA K dan DENADA
78. Ngoleksi komik CANDY-CANDY
79. Yg cowok baca KUNG FU BOY dan DRAGON BALL
80. Beli penghapusan bentuk huruf2 yg atasnya ijo and berbau wangi
81. Kertas Surat (Kertas Binder )yang gambarnya macem-macem Tokoh Kartun…
82. Pengganti warkop? Ya PADHYANGAN PROJECT
83. DENGAN KEKUATAN BULAN… AKAN MENGHUKUMMU… Hyahahah… SAILOR MOON
84. Ayayayay… Ayayayay… Alfa dipanggil POWER RANGGER…
85. Penghapus berbentuk buah-buahan juga banyak beredar… Hadiah dari TWISKO kalo ga salah
86. Hati-Hati Pulpen Harum berisi narkoba…
87. Pulpen yang bisa dikalungin juga….
88. Baju Kodok Punya ? Nyambung dari atas kebawah…
89. Ngumpulin hadiah dari HAPPY MEAL…
90. Ngabur N Ngiprit Kalo mau di suntik Imunisasi di sekolah….
91. Maen Gambar… Kadang-kadang jadi Bandar…
92. Kelereng… A.K.A Gundu… mengisi sore hari jaman jadul….
93. Kuis DangDut…. Apaaan Tuh….
94. Film Vampir…. Setiap Sabtu di RCTI…
95. Boboho juga jadi idola… Sekarang Dah gede kali yah…
96. Ajang Pencarian bakat di taun 90an ASIA BAGUS….
97. Lagu-lagu Malaysia rame di Indonesia… EKSIS, AMI SEARCH, apa lagih yah…
98. DENPASAR MOON, SARMILA, jadi lagu wajib….
99. Acara tangga lagu musik pertama kalo ga salah tu DELTA…
100. Ditunggu-tunggu setiap malem minggu… SPONTAN… UHUUUUYYY….
101.uang 500 perak kuningan pertama kali keluar
102.kagum banget sama motor su**ki crystal
103. rokoknya Ard*th soft pack gan.. gantiin malrbo** soalnya murah
104.gak bakalan nglewatin acara siluman ular putih + legend condor heroes...
105. kuis keluarga lifebuoy bersama cathy bonn!!!!!!!!
106. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (pokoknya paling keren dijaman itu )
107.Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (ngerengek pengen dibeliin)
108.Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB) merek MAMBO
109. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (yang bisa nyala itu loh)
110. jam 2 siang ada acara basic training, kadang2 yang senam seksi2
111.dulu belah tengah sekarang model hedgehog
112.dlu d jakarta msh ada bus tingkat 2
113.- Maenan yang lumayan populer, adu cilong (biji karet)
114.- Perang kapur kalo jam kosong (Sehari bisa 3 dos kapur)
115.Lagi banter2nya d Jakar*a anak2 nulis2 d papan tulis, misal "MUTI DM DEDI" (DM = Demen)
116.suka dikata-katain sama temen2 sekelas, klo si A pacarnya si B.... (dari sini bisa 2 kemungkinan, jadian ato ga sama sekali)
117.judi tingkat teri, masang tali (tunjuk jari di salah satu lingkaran) ato pilih gambar, yg klo dapet boleh ngangkut hadiah yg mayan bagus (wkt itu trmasuk hadiah mahal). tapi kebanyakan cuma dapet ager2 yg warna-warni (klo diinget2 mayan enak ager2nya)
118.doyan jajan es teh di luar sekolah ketimbang dalem sekolah, selain lebih murah juga lebih manis (klo dalem sekolah kebanyakan es-nya, jaman ini belum sadar kalo biang gula berbahaya, ato mungkin jg air buat es teh ga dimasak ), padahal udah dibilangin berkali-kali ma guru ga boleh jajan diluar, tapi te2p aja biar udah diomelin juga, karena melanggar peraturan terasa nikmat


from : kaskus > showthread.php?t=4391222

Baca selengkapnya »

NO HOAX!

Pernahkah kita berpikir bahwa ada suara-suara tertentu yang hanya bisa didengar hanya oleh orang yang masih muda, berumur kurang dari 25tahun ?

ternyata ADA! bukan karena telinga budeg dikit lho yaa...
kalo gak percaya, download file mp3 berikut ini!


kalo bisa denger berarti kemungkinan besar usianya masih di bawah 25 tahun, jika usia di atas 25 tahun kemungkinan mendengar suara ini akan semakin menipisss!!!! telah di uji secara scientific!

tapi kalo ternyata masih usia ABG tapi gak bisa denger juga, berarti ada masalah dengan telinganya

Download di: http://www.slashphone.com/download/2...c_teenbuzz.mp3

di tunggu komentarnya (:

from : kaskus > showthread.php?t=5184337

Baca selengkapnya »
2

udah lama gak update cerita dalam blog abal abal ne, maklum lagi sibuk, ntah apa yang disibukkan, pokoknya sibuk aja deh, itu tu kemaren nanam kurma di belakang rumah, aneh, udah di pupuk udah disiram, udah bedoa tetep aja ga ada bibitnya numbuh, ada yang salah dengan tanah belakang rumah atau emang ga cocok jadi tukang tanam kurma, ketik reg spasi nama kirim ke kantor pos terdekat ga dapat balasan sama server ketik reg reg nya (emang yang nanam bego), kata pak Bondan yang wisata kuliner tu, Ya sudahlaaaaaah, epriting is oke.

lupakan tentang kurma yang ga jelas, mending impor dari arab pake jasa pengirim UNTA ekspress, yaaa setahun dua tahun lah sampe di Indonesia.

kali ne Hendra asmoro lagi mudik ne, maklum anak rantauan, semua persiapan udah epriting its oke (bondan style), dari urusan kampus sampe urusan cuci kolor yang menumpuk semua udah dikerjakan, sempet dua kali kerja gara gara kolor ne, pas dicuci, eee ada yang ketinggalan sehelai dalam mesin cuci lupa masuk pengeringan sama rombongan kolor kolor lain, terpaksa pake tangan memerasnya, ya begitulah kolor ada ada aja. Packingpun udah mantap, (udah kek orang mau mudik, ORIGINAL ! pake pake kardus), maklum tas udah ga muat lagi, kebanyakan kolor ne, (demi kesehatan musti punya banyak cadangan kolor).

habis buka magribnya, travel yang ijo ijo arah ke dumai udah jemput ke rumah, `tettt teeet tttetetetttttttttt` bunyi klakson yang udah kehabisan baterai, travelnya manusia asli yang punya lo, bukan kolor ijo. My brother tinggal sendiri di rumah, adeknya ne mau mudik, tu brother mudiknya ntar deket lebaran, nampaknya kerasan di pekanbaru dia, beda sama adeknya ne yang tiap bulan badan aja yang di pekanbaru, pikiran dah nerawang trus ke dumai tercinta, (orangnya kangenan sih, bukan kangenan band).

pikiran awal sih enaknya tegak ne didalam travel, trus mikul ne kardus biar kayak orang orang mudik di tv tv, kan seru, ah takdir berkata lain, di dalam travel ga ada tempat tegak, malah dikasi tempat duduk, hilang semangat originalitas mudiknya (emang dari dulu travel ada tempat duduk), ngarap yang enggak-enggak, mau tegak sih naek bus bayar murah setengah harga.

perjalanan menuju dumai dengan travel bukan kolor ijo ne dimulai, berharap ne travel bisa sampe ke dumai dalam waktu 15 menit, terilhami dari cerita horror temen, yang katanya ada bus dari dumai ke medan cuma dalam waktu 15 menit, yang bawa hantu, beegh ga peduli mau hantu kek mau siluman rubah ekor sembilan kek yang bawa, kalau bisa 15 menit kan enak juga napain lama kalo ada yang cepet, ntar macam-macam hantunya tokok palanya, bilangin `jangan cengkelat, kalo beraani jangan ilang ilang dong`, yok kelai kita, apalagi hantunya pocong, lompat lompat aja, ne masalahnya hantu mana yang ga cengkelat pake jurus ilang ilang timbul semua kek signal aja.

didalam travel lumayan serem juga sih sebenarnya, orang orangnya bertampang horror, jangan jangaaan.......... jangan jangan belum buka ne orang dalam travel lemes semua mukanya, tertunduk lesu tak bergairah kek muka di film film yang ceweknya bilang `baaaaaang, aku telaaaaat, ini calon anak kita` beegh si cowok langsung tertunduk lemas di kursi geleng-geleng kepala seakan ga percaya, dan si cowok berkata `macaak ciiiiihhhh`, untung abang sopir punya selera tinggi buat menggenjot api api didalam jiwa jiwa anak muda dalam travel.

DUGEM ! abang supir ngedugem dia sambil nyetir, musik tu abang udah `nyiii nyii nyiiit nyiinyi nyi nyi nyiit` asli kek kaset rusak sampe 5 menit lebih musiknya nyit nyit nyit aja, dengan suara speaker yang ga ada Bass nya bunyi cempreeng tapi jadilah ketimbang ga ada, tapi tetep didalam travel ga ada yang berubah, ada yang mangap tidur, ada yang lagi menerawang ngayal apa ntah kek bisa aja mikirin valas saham, ada yang mencet mencet hape, ada yang garuk garuk, nah ada yang nelpon 2 orang samping Hendra asmoro paling belakang. nampaknya orang lagi kasmaran ne dua duanya, awalnya sih ngiranya ne orang bedua homo, abis ngomongnya mesra lembut kali, rupanya lagi nelpon ceweknya, ntah lah kalo dia nelpon sesama pria saya pun ga open open kali.

pertama kali yang bertelpon ria temennya yang pas disamping saya, temennya satu lagi yang disudut diem aja menyimak dengan khusuk, saya sendiri asyik mencet mencet hape, pengen nelpon sama cewek juga sih, tapi sama sapa coba, sama mantan ?? beegh mending cium kambing ketimbang nelpon mantan.

tu orang pas nelpon `halo, bla bla bla bla blabllblalblalbalaba ??` (ga tertarik denger orang nelpon pacaran :P)

`adek sama sapa ne ?` (dengan gaya cool kas)

`adek sama sapa ?`

`deeek, adek sama sapa`

mulai memancing rasa penasaran ne, awalnya mikir ne jangan ada apa apa ne sama adeknya, jangan jangan adeknya lagi selingkuh, ataaaaau jangan jangan adeknya lagi sama abang abang tetangga disaat cowonya lagi di travel dengan kaum pria yang notabene kek muka homo semua.

`adeeeeeeekk, adek sama sapa ne` (mulai panik tu orang)

`deek, deek sama sapa ?` (mencoba calm down, padahal celana dah melorot)

`haloo, sama sapa dek ?` (beeegh kalau Hendra asmoro lah tu ya jadi tu cowok, udah banting hape aja tu, langsung bilang kita PUTUS huahahha *soksok bisa mutusin cewek)

DIAM... SENYAAAP

`ne nenenett tre ne ne ne nenenet net` buunyi lagu Hugos abang sopir, asli ganggu suasana aja, dah seru padahal, nampaknya ada yang mau mau putus ne dalam travel, Hendra asmoro asyik mencet tombol hape mencatat `adek sama sapa adek sama sapa yang keluar dari mulut tu abang abang` untung ga ada pak Tarno didalam travel tu, sempat ada kenak `simsalabim jadi apa plok plok plok`beeegggh tambah rusak suasana.

masih di isi dengan lagu dugem tu abang sopir

didalam travel ga ada yang nelpon ga ada yang kesurupan, aman terkendali, keliatannya semua pada tidur, Hendra asmoro ga bisa bisa tidur, ntah kenapa bawaannya haus aja pengen minum, padahal kondisi dingin, malam soalnya, AC kenceng kenceng menyepoi, udah tegak ne smua jenis bulu dari atas sampe kebawah sampe kedalam dalam, tetep aja haus, Dehidrasi kek bukan didalam travel, kayak di gurun sahara, (madam sahara aja ga ada dehidrasi naek travel), ne mungkin gara gara pipis tadi ne makanya dehidrasi jadinya.

perjalanan sampe di Duri, jam menunjukkan 12 teng, abis istirahat mobil lanjut lagi,

di perjalanan dari duri ke dumai temennya si `adek sama sapa` tu nelpon, pas giliran dia nelpon, temennya yang mau terancam putus tu diam aja menyimak, kalau saya jangan anda tanya, HENDRA MAU NELPON CEWEK MANA ?? MANTAN YA ?? cieee cieee cieee (kek iklan permen yang gurunya cie cie cieee ga jelas), ah buat emosi pertanyaan anda ini.

`halo`

`hhalooo` (agak dipertegas)

`hhaa hha hhaa loooo` (mulai stres)

`haloooooooo, salam di jawab dooooong` (oo nya kepanjangan tu om, merayu cewek ga gitu kali lah)

`HUALOOOOOOO` (!@#$%^&*()!@#$%^&*() emosi tu yang nelpon)

SENYAAAP, SEPI, ......................................................................................................

dua orang nelpon dua kali kejadiannya sama, cukup kata`adek sama sapa` dengan `halo`
mimpi apa dua orang ne ya, pengen kali liat ekspresi muka dua orang yang duduk sederet dengan saya ne, pengen rasanya bilang `KENAAAAAK deeeeeh` `selamat anda dikerjai masing masing dapat 500ribu` tapi takut ah, ntah ntah mukanya datar ntar di ajaknya turun bareng `yuuukk mariiiiii`.

`wan cu tri por push your hands up up up up uuuuuuup`
lagi lagi musik dugem abang travel merusak suasana, seharusnya lagu situasi kek gini lagunya Citi nurhalija `cindai lah maaaalangg`

hubungan cinta ga semudah memencet `call` telepon anda, juga tidak semudah bahasa sms anda yang penuh rayuan copy paste sajak khalil gibran, terkadang bahasa teknologi dalam percintaan lebih banyak `nomor yang anda tuju sedang tidak aktif` atau `pulsa di kartu parabayar anda tidak mencukupi....` terkadang isi hati anda terhambat oleh signal negeri ini yang kadang ga jelas, terkadang...... ya terkadang musik abang abang yang nyetir juga menggangu percintaan anda.

semoga ga terjadi apa apa hubungan mereka bedua ya, (bukan dia sama dianya, tapi sama pasangan di telponnya)

Baca selengkapnya »
0

Siang seperti biasa sehabis jadwal ngampus yang pertama, berkumpullah segerombolan anak muda yang sebagian kelihatannya seperti gak boker 2 minggu termasuk ne yang nulis kira kira udah berapa hari ga boker, 3 hari mungkin. Bukan tentang boker, bukan tentang wanita yang di bahas, dan juga bukan tentang pria yang di bahas (maklum masih normal). siang yang cerah, langit yang menyapa tertutup oleh awan yang menyelimuti setiap rutinitas makhluk hidup di bawahnya, kecemburuan yang tak tertahankan lagi sang awan menghiasi langit mendominasi sang mentari yang tak tampak bercahaya (pujangga alunan mentari. mual ? sama, ne pun mau muntah).

Entah kesambar makhluk hidup apa, pembahasan yang tadinya berjalan biasa biasa aja tiba tiba beralih ke sebuah pembahasaan yang cukup alot. Ada beberapa temen yang berkumpul saat itu, kita sebut saja salah satunya bernama Bunga (entah kenapa asyik aja pake nama inisial bunga, biar keliatan keren dikit, kayak koran koran gitu, aslinya si bunga ini cowok tulen lo, tapi ya itu cocok aja di kasih inisial bunga dalam tulisan ni)

Potong titit !, ya pembahasan memasuki fase horror, potong ayam potong kambing udah biasa, udah kayak film scream aja, oom oom bertopeng bawa sebilah parang buat nyari nyari titit titit yang belom di potong (baca : disunat) "mana tititnyaaaaaaaaaaaa..., mana tititnyaaaa"

seandainya mantri kayak gitu meng-eksekusi setiap titit anak manusia, beegh mungkin pada ga ada yang mau sunat, gak mungkin kan " ne tititnya om, potong gaya mohawk ya om"

saat itu si bunga menceritakan kisahnya yang haru pilu saat saat tititnya di eksekusi sama mantri titit (kalau di sinetronkan mungkin kalah cinta fitri, judulnya "tititku sayang yang malang" ; season 7). masa kecil mungkin masa yang penuh ide kreatif bagi si bunga, setelah proses potong memotong titit selesai, tu kan titit masih dalam kondisi hangat hangatnya, gejolak hasrat dan keinginan si bunga untuk mandi udah ga bisa di tunda tunda lagi keliatannya (maklum, mungkin udah ga mandi seminggu), kalau seandainya tu titit yang lagi hangat kena air, bisa kacaukan, gigi aja bisa keropos kalau makan makanan panas trus minum air dingin, pun secara hukum fisika, bila ada benda yang terkena panas lalu hujan, panas hujan, hujan, panas, maka benda itu akan berkarat, tidak tertutup kemungkinan tu titit bisa memuai, bentuknya jadi ga karuan, pusaka si bunga bisa bisa sampai keropos trus bekarat. kalau bekarat ntar kan susah juga ntar tukang ketok simsalabim (ketok magic), yang biasanya memperbaiki mobil karatan, penyok, trus tiba tiba memperbaiki bentuk pusaka bunga yang memuai dan karatan.

Akal dan ide kreatif bunga memang terbilang menyaingi ke jeniusan Einstein, mungkin karna tau resiko mandi pada saat titit lagi hangat hangatnya itu ga bagus bagi dia dan tititnya, si bunga pun menceritakan kalau pada saat itu dia mengambil aqua gelas buat nyarungi tititnya pada saat mandi, entah mimpi apa mungkin aqua gelas tu semalam di pake tu bocah buat nutupi tititnya pas mandi, (Einstein aja ga akan kepikiran buat nyarungi tititnya pake aqua gelas kalau sunat, kalaaau sunaat), secara hukum gravitasi memang ga masuk akal, jadi coba bayangkan aja, gimana tu gelas plastik bisa nempel ? emang ada katupnya apa buat nahan biar ga jatuh, atau jangan jangan dikasih tali plastik trus di ikatkan di pinggang, jadi kayak sarung senjata koboi koboi gitu.

saat itu salah seorang teman bertanya "kenapa gak ko pake gelas aja ? kenapa musti aqua gelas ", "lebih praktis, ntar klo pake gelas mau di pake minum lagi kan jorok" (masuk akal analisanya, yang ga masuk akal kenapa musti nyarungi titit pake aqua gelas) pembicaraan tentang titit hari itu kita cukupi sampai di situ, bahaya, bisa bisa masuk ke adegan porno, bisa rusak iman iman anak anak yang mencoba tobat ne.

jadi kalau menurut hemat hendra asmoro, kalau buat ngelindungi sewaktu mandi aja kepikiran pake gelas plastik, tentunya sewaktu tidur si bunga buat nglindungi dari lalat, pasti itunya ditutup pake tudung nasi, sambil ngipas ngipas tititnya yang masih hangat, (yang ngipas ngipas ne rasanya semua kaum kaum yang pernah di sunat pada era 90an pasti ngelakuinnya ne, ada yang pake kipas sate, kipas made in china, kipas dari kertas. Sempat lah ada nyamuk hinggap, *Plook, kena hajar juga lah titit sama kipas tu).

ne saran dari yang udah berpangalaman tentang sunat, berbagai referensi udah di pelajari, bagi adek adek yang, sunat jangan takut, eksekusinya ga sakit kok, kayak di gigit semut aja, (semutnya satu RT deek), apa lagi sekarang ada operasi laser, tambah keren, pagi sunat, sore udah bisa batu papa mama ayah ibu manjatin pohon jengkol, ow ya kalau mandi jangan deh pake gelas plastik, ge enak pemandangannya, tu gelas gelasan gitu era 90an tu, kalau mau nutupi tititnya jangan pake tudung nasi, ntar susah membedakan mana lauk mana burung, trus kalau mau mendinginkan titit, jangan pake kipas sate, ntar kalau ada nyamuk pasti reflek buat menggampar tu nyamuk, letak aja di depan AC, kan adeeeem. masuk angin tititnya tanggung sendiri ya (:

Baca selengkapnya »
0

Kisah maling-malingan ini ditulis dengan awal yang sangat memilukan, kondisi si Hendra asmoro sangat menyedihkan, pagi bangun buat sekedar liat liat blog cuma ditemani segelas b*avita rasa jeruk, stok makanan di kulkas habis, ditemani acara paporit (baca : favorit) ibuk-ibuk acara gosip di tv, kondisi yang menyedihkan, bangun jam 11, lapaaaar, penderitaan dipagi hari (agak belebihan).

Entah ada angin apa yang biasanya jatah ronda ne rumah blok A7 biasanya setiap malam minggu diganti sama pihak yang berwenang dengan hari senin, mungkin para sesepuh sesepuh ronda udah kapok sama tingkah laku penghuni A7, setiap ada ronda, `Hendraaaaaaa` dengan suara lantang sesepuh ronda biasanya datang sore hari sebelum malam ronda, `anak gadis bapak nungguin tu dirumah`. `iya pak siap menuju TKP pak`

`Hendraaaa. ntik malam kita ronda ya`, `iya pak insyaallah`, (biar nampak sedikit alimnya), seperti biasa ya jatah ronda di tinggalin gitu aja, mending pergi malming atau kalau ga ada uang ya nonton ariel, (terkadang ariel konser di tv). besoknya sesepuh seperti biasa juga datang minta uang bolos ronda 30rbu, ga masalahlah ketimbang masuk angin ngeronda mutar-mutarin komplek.

malam itu seperti biasanya malam minggu tidur ya agak lamaan dikit, jam setengah duaan, kalau tidur cepat pasti selalu terngiang-ngiang ditelinga slogan temen kampus, `tidur cepat ? bencong aja baru keluar`, (buset ne orang ga ada slogan laen apa). Biasanya tidur sih mimpiin artis, ne entah kenapa mimpinya agak meleset dari perhitungan. Terdengar suara suara orang berisik diluar, `kejar-kejar`, `disana pak, tutup sana, kepung area`, senter, senter ke semak semak`, ne orang ngejar ayam udah kayak mau perang aja, atau ada orang ketahuan mesum di semak semak, (beegh kenapa ga ngajak ngajak), liat jam baru jam setengah lima, karena penasaran dengan gaya kulit baja, keluar rumah ga pake baju, tak lupa handphone dengan kunci rumah di kantong, masyaallah, dinginnya, ga mungkin masuk lagi kerumah trus ambil baju, ntar apa kata orang, (kondisi saat itu, cuma pake celana boxer sama kolor) rencana mau pamer onepack subuh subuh, malah jadi kedinginan.

dengan gaya tenang, berjalan menuju arah kesalah seorang bapak, sebut saja namanya bunga, `ada apa pak ?`, `ada orang disemak-semak` orang ? hobi kali orang sekarang maen di semak semak, `tadi keluar dari arah rumah pak rt, pake baju ijo, dikejar dq, larinya kesemak-semak`, oooh maling toh, kirain ayam tetangga mau betelur di semak tu, emang nekat tu maling masak mau maling di rumah pak jenderal, (RT=jenderal komplek), ga tau apa, pasukan pak jenderal punya reputasi AA++ dalam hal nangkap dan memergoki pasangan muda mudi yang labil, mesum di perumahan,

hmmm tu bapak kayaknya mikir berat sambil nyenter-nyenter, mungkin dia pikir, hmmm udah datang mas hendra udah aman lah tu, kalau ada mas hendra semua urusan pasti brebeeess.

`ow iya lah pak, saya kedepan` selama perjalanan arah kesemak depan, ditemukanlah beberapa pasukan siap tempur di setiap sudut strategis semak, dari yang bawa besi panjang, bawa senter, bawa parang panjang, bawa motor, bawa sarung, (hendra asmoro sendiri cuma bawa boxer, kolor,kunci rumah sama hp), sampai area semak depan, cerita ceritalah dikit sama bapak yang bersenjatakan motor belalang tempur yang rencananya buat ngejar maling, datang pula bapak bapak satu lagi dengan berapi api, `laju kali larinya pak, dari rumah pak rt dia, pakai baju ijo dia, lengan panjang, celana panjang` ya iya lah pak ga mungkin celana segitiga, dan ga mungkin celana pendek, soalnya cuma hendra asmoro sendiri yang saat itu pake celana pendek.

terjadilah perbincangan yang alot membahas strategi, sambil update status, teteeep..... penting tu update status, itulah kenapa HP dibawa. Emang udah kayak perang aja, nama misi `menggempur maling semak`, jenderal lapangannya bapak yang bawa parang panjang, pasukan penerangannya bapak bapak yang bawa senter, pasukan pengamat, hendra asmoro, liat-liat ajalah, malas banyak banyak bertindak, ne aja udah menderita kedenginan ga pake baju, semua bulu udah pada tegak.

tu bapak bapak masih asyik cari harta karun di semak semak, ah lama kali, ne dah menggigil, sesak buang air, akhirnya balik ke rumah, mau buang air sambil ngambil baju, pas sampe di rumah, mau masuk wc, `KLONTAAAANG` bunyi botol pengharum ruangan jatuh, `SIAPA ITU !` terdengar suara dari luar, buset udah dikira maling aja ne di rumah sendiri, diam ajalah anggap ga ada apa apa, urusi dulu air terjun yang keluar ne, udah kebelet kali, lagian ga mungkin kan bilang, `iya paak saya malingnya disini`.

habis buang air keluar rumah lagi (udah pake baju), eee ada ibuk tetangga yang mendoakan suaminya pergi betempur di semak semak, ibuk ibuk tu ya cerita-ceritalah dia, `iya dq, daerah blok D pak RT tu sering kemalingan, dulu aja seperangkat BH buk RT kecolongan`, gak gak gak, `kemaran motor disana yang hilang` ibuk tetangga sebelah kanan keluar, (kok jadi sama ibuk ibuk gaulnya si hendra asmoro ya). `tadi ada yang lewat depan rumah saya, saya ngintip aja dari jendela` datang bapak bapak, `itu si Hendra tadi tu lewat sama bapak bapak pake senter dia tadi` busset dah, emang tadi cuman pake kolor dengan boxer buuuk, tapi jangan dikira maling dong, kacaaau kacau, dua kali dikira maling.

liat jam udah jam 5 an, adzan berkumandang, pencaharian sementara terhenti (saluutt ne bapak bapak alim ya, walaupun ga solat subuh :P), habis adzan, pencaharian berlanjut, eh entah dari mana kabar perkutut tak jelas bilang, `keliatannya udah lari dia pak, waktu kita sergap disana, dia lewat lari kesana`, jiaaah pasukan pasukan bereputasi AA++ nangkap pasangan mesum di kalahin sama tu maling ijo, mantaaap mantaaap, sebanyak ini pasukan kalah, tamparan keras bagi pasukan khusus, hebat tu maling, lulusan sarjana maling dimana tu orang, mungkin jangan jangan udah S2 titel malingnya, kita sebut aja namanya alex, berarti `Alex, SM, MM` (Alex sarjana maling, master maling) dengan indeks prestasi kumulatif cum laude 3,9 !, dengan tesis `pengaruh motivasi dan strategi hijau dalam maling memaling`.

kecewa, hendra asmoro yang bertugas sebagai pasukan pengintai juga tak luput dari kecewa, ya udah tidur ajalah lagi, kebangun jam setengah sebelas, aktipitas (aktivitas) di komplek udah seperti biasa, seperti ga ada kejadian apa apa subuhnya, tetangga sebelah mutar lagu Tanjung katung, tetangga belakang mutarin lagu sinanggartulo, inilah cita rasa komplek rumah Hendra asmoro.

NB : bagi semalam yang melakukan percobaan maling, terimakasih udah mencoba maling dengan pake celana panjang, kalau celana pendek ntar ane yang di sangka maling.


Baca selengkapnya »
0

Rabu, Juli, mungkin jadi hari yang sangat kacau bagi Hendra asmoro, bagaimana tidak, kartu ATM kesayangan buat menghidupi kerasnya hidup diperantauan di telan sama mesin ATM, lapar mungkin tu mesin. Alkisah dimulai dengan mati lampu panam selama 8 jam ! gila perusahaan listrik negara ne mematikan lampu di panam centre selama 8 jam, ya ambil hikmahnya aja, mungkin anak pejabat listrik tu lagi maenin saklar listrik di kantor buapaknya, mungkin.

tepat jam 4 panam centre kembali ON, hati udah mulai senang, bisa online ne lepi, sekedar buat update status, kesenangan berlanjut, jret jret jreeet bunyi handphone nokiu berbunyi, tanda sms masuk, *handphone tua ya kayak gitu lah bunyinya, udah layak buat lempar kucing beol depan rumah, wow ternyata sms dari seorang rekan bisnis dari Dumai.. *biar keren disebut rekan bisnis, beliau memberitahukan kalau uang udah di transfer, dengan cepat sigap langsung menuju ATM terdekat yang letaknya di sebuah hotel depan kampus, dalam perjalanan udah menghayal, hmm ntar malam buat party apa ne, party ? ya party di tempat nasi goreng.

sret sret sret, ATM dikeluarkan dari dompet merk planet ocean yang udah koyak koyak karna kebanyakan isi, isinya bon utang, kartu dimasukkan, pas mau mencet mencet tombol, nah lo, ne mesin ko error ga gerak ?, mulai pembukaan panik, pencet pencet lagi, ga ada reaksi jugak, panik udah sampai tahap puncak, waaa kacau ne atm error gara gara mati lampu tadi, sangat panik seorang Hendra asmoro panik di dalam ruangan ukuran 4x6, mesin atm di goncang goncang di tokok tokok dikit, dikit aja ga lah sampe rusak, mana tau bisa keluar, soalnya teringat pas masih kecil dulu ngeliat ada orang maen dindong sejenis alat judi di Texas tapi ini ala Indo punya, di goncang mau kluar tu koin, WAAAT DEE HELLLLL kartu ketelan, semua pikiran tercampur aduk, mau marah marah sama siapa, sama semut yang bergoyang ? ah kacau ne pasti urusannya panjang, keluar dari ruang ATM dengan gaya kul *cool, biar agak kerenan dikit, pulang ke rumah, mikirin nasib, sampai dirumah hati masih penasaran, diputuskan ke ATM lagi, liat liat orang mana tau ketelan juga, biar bisa senasib gitu, sampai di ATM, WAAAAAT DEE PAAAAKK ! mesinnya normal berfungsi, orang orang pada ngantri ngambil uang ! ko bisa gini kejadianya, emang ga bener ne, nasib nasib, pulang kerumah lagi, diperjalanan diatas motor kesayangan ne udah kepikiran, makan kerupuk juga ntar malam minggu kalau ga selesai urusan atm ne,

Besoknya, kamis, sehabis pulang kuliah menuju bank 45+1, atas saran temen yang udah nakut nakutin seandainya tu kartu di pakai orang trus di pakainya debet belanja di Matahari buat beli kolor selusin, hmm tambah tambah kacau. Sampai di bank 45+1 semua cerita disampaikan ke mbak mbak CSnya. mbak mbak CS bilang "saudara Juli hendra kok cakep x ya", bukan bukan mbak mbak CS bilang "untuk keamanan saya sarankan di blokir aja dulu pak", mikir kalau di blokir ngurusnya musti ke Dumai, soalnya disana buat ne rekening, dengan pembahasan yang alot akhirnya tu mbak nyaranin besok coba datang ke bank 45+1 di Sudirman, mungkin kartunya udah sampai disana, soalnya setiap sore rupanya pihak bank ngisi ulang duit di mesin ATM, jadi kalau ada kartu yang nyangkut di bawa ke kantor yang di Sudirman. trus mbak mbak CS ngasih no telp "ne pak no telp yang bisa dihubungi" gileee bneeeer ne mbak mbak udah kecantol aja ne, agresif x maen kasih no telp aja.. bisalah di bawa jalan malam minggu ne mbak mbak *ngareeep. No yang dikasih rupanya no telpon CS di sudirman

Jumat, niatnya mau bangun jam 9, berhubung hujan enak tiduran aja lagi, sekali liat jam udah jam 10, teringat kalau bank istri rahatnya pas solat jumat, istirahat maksudnya, buru buru ga pake mandi semprot parfum seliter, par fum par fum par fum par fum udah agak banyakan dikit semprotnya biar gak ketara kali ga mandinya, mau hidupin motor teringat disuruh nelpon dulu kalau mau ngambil kartu, pas ditelpon,
cs sudirman : "HAAAALLLOOOO" buset dah ne penyiar radio atau pegawai bank, mulus kali suaranya, "HUUAAALLOO juga mbak, jadi malam minggu kita ?"

gini aslinya "iya halo mbak, kartu ATM atas nama Juli hendra asmoro udah di bawa dari hotel mona ke sudirman mbak ?", mbak CS "oh udah pak, bapak bisa ambil di Suudirman sebelah telkom pak" berhubung tu mbak udah bilang ok, meluncur buru buru ke sudirman, ngejar waktu sebelum jam 12 ntar tutup pula, hujan, badai, angin, jalan licin, minyak motor kritis, rantai kendor, untung ga celana yang kendor, bermacam macam cobaan buat jemput tu kartu ATM, akhirnya sampai juga di bank 45+1, pas tanda tangan akad nikah dengan tu mbak, *tanda tangan serah terima kartu ATM, mbaknya lama memperhatikan tanda tangan yang barusan di buat, mbak CS : "keren ya pak tandatangannya, calon pejabat" senyum senyum aja di bilang mbak nya gitu, kenapa ga bilang aja sekalian, "keren ya pak tandatangannya, saya siap jadi istri buapak"

ya begitulah perjuangan mendapatkan kartu ATM tercinta, ooh kartu ku, kasian bermalam sehari di mesin atm dia :)

berhubung kartu udah ditangan siapa yang mau di traktir ? hihii

Baca selengkapnya »